Saturday, June 27, 2015

UNIVERSITAS TERBUKA MEMBANGUN PAGAR BANGSA

www.ut.ac.id

Dengan berbekal Ilmu manusia secara tidak langsung akan terbentengi dirinya karena ilmu mengajarkan kebaikan, sikap, mental dan tindakan yang tepat dengan proses belajar menelaah kita akan diberikan kemampuan berpengalaman untuk menyikapi sebuah problematika kehidupan yang sekian hari semakin hebat tantanganya sehingga ilmu bisa dikatakan benteng atau pagar diri maupun pagar bangsa pada umumnya. Proses belajar merupakan sebuah keharusan bagi anak bangsa untuk membekali diri dari tantangan-tantangan yang tidak terduga di masa-masa yang akan datang, karena proses belajar yang sesungguhnya dimuali dari hati dan keingginan sendiri. Kemauna akan minat proses belajar pada bangsa ini tidak lebih untuk menapatkan kelayakan akan pekerjaan yang lebih baik dan bekal hari tua. Sebenarnya Universitas Terbuka sudah mau menjawab probematika siswa-siswinya akan hal itu, akan tetapi kadang kala sistem tidak berjalan lancar apakah karena peneieikan di negri ini tidak memiliki pendirian yang lebih prioritas akan kebutuhan bangsanya atau akibat korban politik suatu golongan. Pendidikan di Negiri ini sebenarnya sudah tersebut pada UUD-45 yaitu dalam "MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA", kalau kita renungi kalimat tersebut maka pendidikan merupakan kewajiban bagi Negara dalam mengupayakan terwujudnya harapan tersebut. Oleh karena itu bangsa ini masih belum bebas untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin dikarenakan masih mahalnya biaya pendidikan semakin hari semakin naik disebabkan harga miyak Dunianya naik, bukan pendidikan tanggung jawab negara, katanya negara kita negara kaya raya sumberdaya alamnya melimpah minyak dan gas nya banyak, tambang dan batubaranya banyak, tapi masyarakat dianggap tidak tahu.

Membangun Pagar Bangsa merupakan kalimat gawat darurat yang sebelumnya kalimatnya menurut saya "mencerdaskan kehidupan bangsa" mungkin negara sudah tidak sanggup lagi untuk mengemban amanat UUD-45, maka setiap kampus dan sekolah mau tidak mau harus membangun pagar bangsa untuk membentengi dimulainya pasar bebas MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) akhir 2015 katanya. Universitas Terbuka berusaha membentengi pagar bangsa dengan gaya dan sistem yang lumayan Hebat walau pun masih ada yang kurang dalam pengoprasian sistem secara Online semisal mesin Fb tatap muka dengan dosen-nya langsung, terus kurangnya jaringan internet belum menembus tiap pelosok akan tetapi dengan adaya Pusat Kegiatan Belajar Mahasiswa UT di setiap daerah bisa terpenuhi dengan baik seperti yang dilakukan Kabupaten Indramayu. 

Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh Universitas Terbuka merupakan solusi untuk menjangkau pendidikan seluas luasnya khususnya bagi bangsa ini dan umumnya untuk bangsa-bangsa yang lain, kalau kita lihat UT merupakan pendidikan Negeri yang direstui oleh Presiden RI ke-2, dan sudah mendapatkan gelar pendidikan terbaik di luar Negeri bukan haya itu tapi diakui diluar Negeri" saya punya pengalaman sebagai mahasiswa UT kelompok PKB-UT Indramayu  ketika saya mau melakukan registrasi ulang tiba-tiba ada Mobil Sedan Masuk ke Kampus PKB-UT Indramayu, saya lihat dari dalam ruangan orang tersebut turun dari mobinya kemudian berjalan menuju loket pelayanan mahasiswa dan kebetulan saya ada di situ, selang beberapa menit setelah saya selesai melakukan registrasi ulang kemudian giliran orang tersebut bertanya pada bagian pelayanan mahasiswa pertanyaanya yang saya dengar " Pa Saya mau daftar UT untuk anak saya itu bagaimana? jawab bagian pelayanan " anaknya dimana pa? kemudian di jawab "anak saya di Swiss  kerja di sana, si bapak tadi sambil mengeluh menambahi kalimat " saya tuh heran kenapa disana  yang di akui ijazah UT padahal anak saya dari UI" saya yang mendengar percakapan tersebut lansung terdiam "sambil  berpikir dan didalam hati saya bersukur dan bangga menjadi mahasiswa UT.

Tantangan yang dihadapi sebagai mahsaiswa UT, harus giat belajar mandiri dan memanajemen waktu, keuangan dan bekerja karena UT merupakan solusi pendidikan sambil bekerja. Belajar Mandiri sekarang ini sudah menjadi keharusan sebagai mahasiswa dengan mentelaah dan mencari perioritas pengembangan diri dengan mengumpulkan pengalaman-pengalaman akan informasi dengan materi yang disajikan. Manajemen Waktu bagi mahasiswa merupakan strategi sebagai manusia yang disiplin karena hakekat dari pendidikan salah satunya menciptakan manusia yang disiplin contoh sehari ada 24 jam dibagi kebutuhan waktu kalau kita muslim berarti di bagi menjadi  5 dari waktu- waktu terebut di terapkan sistem waktu untuk (1). Ibadah (2). Membaca Modul, (3). Tutorial Online, (4). Bekerja,  dan (5). Keluarga. Keuangan merupakan suatu hal yang penting karena dari dulu pendidikan ditempuh dengan biaya tidak sedikit, tapi tenang sobat kalau ada kemauan pasti ada jalan apalagi untuk menuntut ilmu yang merupakan ibadah. Pengalaman saya kalau kuliah di UT cukup satu hari kita sisihkan uang Rp.5000 rupiah x 180 hari ( 1 semester 6 bulan) = Rp 900.000, ya itung-itung membuang uang untuk rokok.

Solusi yang tepat untuk meraih Prestasi, orangnya diam dirumah, orangnya bekerja tanpa mencirikan dia sebagai mahasiswa itulah Universitas Terbua membongkar belenggu pendidikan yang dianggap tabu di jaman era digital ini semua orang mudah dapat ilmu dengan berbekal paham dunia digital khususnya internet karena dengen media tersebut pendidikan menjangkau semua kalangan tinggal kita persiapkan untuk membentengi pendidikan dari pendidikan yang bersifat negatif pada putra-putri bangsa ini, gunanya kelompok-kelompok belajar mandiri merupan solusi terbaik untuk mengembangkan bekal dan interaksi antar mental-mental anak muda sekarang dalam menggali potensi dan pengembangan diri. Banyak sekali cemooh yang memandang sebelah mata tentang itu tetapi bagi saya itu orang tidak ngerti hakekat pendidikan moderen ini karena memandang pengajaran tanpa guru maka ilmunya akan sia-sia itulah yang masih melekat pada masyarakat kita kususya di daerah saya, tapi ini lama-kelamaan akan hilang karena semakin kesini semakin rasa ingin tahunya lebih hebat karena dunia sekarang sudah memasuki dunia digital, pendidikan dari video yang di unggah di youtube merupakan bukti pendobrakan orang belajar langsung melihat dan mendengar dan di harapkan UT kedepan banyak menyuguhkan materi-materi tersebut lewat Video untuk pengembangan diri mahsaiswa.


“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan ini adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 pkb-ut Indramayu